Kesalahan dalam Wawancara Kerja

banner iklan blog
kesalahan dalam wawancara
Nuzil Blog Community - Wawancara kerja (job interview) yang menjadi tahap penentuan lulus atau tidaknya seorang pelamar, saking krusialnya sesi wawancara ini tidak sedikit para pelamar kerja yang kecewa berat karena gagal di tahap ini. Setelah melewati tahap demi tahap di lalui dengan sukses, namun ternyata hanya karena sedikit kesalahan membuat para pelamar mengalami kegagalan melewati tahap interview ini.

Sehubungan dengan hal tersebut, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dan juga kita hindari ketika akan menghadapi wawancara kerja ini. Apa yang harus TIDAK kita lakukan ketika interview? Berikut adalah 10 kesalahan dalam wawancara kerja yang dilakukan oleh seorang kandidat. Luangkan waktu rekan-rekan sejenak untuk membaca informasi yang mungkin bisa merubah hasil di interview yang akan di hadapi dan juga menyiapkan diri agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan pada saat wawancara kerja.

1.Tanpa Persiapan
Tidak bisa menjawab pertanyaan "Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?" bisa menjadi akhir proses pencarian kerja Anda, setidaknya dengan perusahaan ini. Informasi latar belakang perusahaan, termasuk sejarah perkembangannya, lokasi, divisi, dan pernyataan misi telah tersedia di bagian "Tentang Kami" atau “About Us” di setiap situs web perusahaan. Memeriksanya terlebih dahulu, kemudian mencetaknya dan membacanya tepat sebelum interview akan menyegarkan memori Anda.

2.Pakaian yang tidak tepat
Pastikan memakai jas jika Anda interview untuk posisi professional, atau paling tidak lengan panjang, syukur-syukur dilengkapi dasi yang sesuai dengan baju. Namun, ketika Anda interview sebagai staf lapangan atau sebagai penjaga pantai, misalnya, pakaian yang sesuai adalah pakaian rapi dan kasual. Jika Anda tidak yakin apa yang harus dipakai, kunjungilah kantornya dan perhatikan keluar masuknya karyawan dari kantor tersebut untuk melihat apa yang mereka kenakan.

3.Keterampilan berkomunikasi yang minim
Sangat penting untuk berkomunikasi dengan baik dengan semua orang yang Anda temui dalam proses pencarian kerja Anda. Namun demikian, yang paling penting adalah untuk terhubung secara positif dengan orang yang mungkin akan mempekerjakan Anda. Berjabat tangan, membuat kontak mata, memancarkan keyakinan, melibatkan lawan bicara Anda dengan baik, dan Anda biarkan pewawancara tahu bahwa Anda adalah seorang calon yang sangat baik untuk posisi ini, bahkan sebelum Anda menjawab pertanyaan dalam interview.

4.Terlalu Banyak Berkomunikasi
Percaya atau tidak, ada yang tidak mendapatkan pekerjaan, karena tidak ragu-ragu untuk menjawab ponselnya ketika berdering selama interview. Tinggalkan sementara Hand Phone Anda atau setidaknya mematikannya sebelum Anda memasuki gedung. Hal yang sama berlaku untuk minuman, makanan dan hal lain selain Anda, resume Anda, aplikasi pekerjaan Anda, dan daftar referensi.

5.Bicara Terlalu Banyak
Tidak ada yang jauh lebih buruk daripada mewawancarai seseorang yang terus dan terus dan terus berbicara... Pewawancara sebenarnya tidak perlu tahu cerita seluruh hidup Anda. Berikan jawaban ringkas, to-the-point dan terfokus serta tidak melantur, hanya menjawab pertanyaan yang diajukan.

6.Bicara Terlalu Sedikit
Benar-benar sulit untuk berkomunikasi dengan seseorang yang menjawab pertanyaan dengan sebuah atau dua buah kata. Itu tidak menyenangkan. Jadi, meskipun Anda tidak boleh terlalu banyak bicara, Anda diinginkan bersikap responsif dan sepenuhnya menjawab pertanyaan sebaik mungkin.

7.Memberikan Fakta yang Tidak Benar
Meskipun Anda telah mengirimkan resume ketika Anda melamar pekerjaan, Anda juga mungkin diminta untuk mengisi formulir aplikasi pekerjaan yang telah mereka miliki. Pastikan Anda mengetahui semua informasi yang perlu untuk melengkapi aplikasi tersebut, termasuk periode tanggal bekerja di tempat sebelumnya, tanggal wisuda, dan informasi mengenai perusahaan sebelumnya.

8.Memberikan Jawaban Salah
Pastikan Anda mendengarkan pertanyaan dan berikan waktu yang cukup untuk mengumpulkan ingatan dan pikiran Anda sebelum Anda menanggapi pertanyaan. Sangat parah akibatnya jika Anda memberikan jawaban yang salah.

9.Bercerita tentang keburukan perusahaan sebelumnya
Bos terakhir Anda bodoh? Sok tahu dan semua orang di perusahaan sebelumnya menyebalkan? Anda membenci pekerjaan Anda dan tidak sabar untuk pergi? Siapa tahu perusahaan sebelumnya tersebut adalah pelanggan perusahaan tempat Anda interview.
Kadang-kadang dunia yang lebih kecil daripada yang Anda pikirkan dan Anda tidak tahu siapa pewawancara Anda, mungkin ia termasuk bos yang idiot. Anda juga tidak ingin pewawancara berpikir bahwa Anda mungkin berbicara seperti itu tentang perusahaan-nya jika Anda meninggalkannya nanti.

10. Lupa Follow Up
Takut tidak bisa membuat kesan yang terbaik? Apakah Anda yakin bahwa Anda nilai bagus yang diwawancarai? Pastikan untuk menindaklanjuti dengan ucapan terima kasih dan mengulangi minat Anda pada posisi yang diincar.

Akhirnya, bahkan jika Anda gagal interview, jangan bawa ke hati. Jika hal itu terjadi, maka belajarlah dari kesalahan Anda dan beralih ke kesempatan berikutnya.
banner iklan blog
Labels: Interview

Terima kasih telah membaca artikel Kesalahan dalam Wawancara Kerja. Semoga bermanfaat

0 Comment for "Kesalahan dalam Wawancara Kerja"

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top